relation: http://kudagang.kemendag.go.id/repo/id/eprint/113/ title: ANALISIS PERSEPSI BISNIS TERHADAP PERSEPSI KONSUMSI MELALUI INDEKS TENDENSI BISNIS (ITB) DAN INDEKS TENDENSI KONSUMEN (ITK) DI INDONESIA creator: Diarga, Agung Gatra subject: L Education (General) description: Kondisi ekonomi global sangat dipengaruhi oleh pergerakan para pelaku ekonomi itu sendiri. Pasca krisis global tahun 2018 silam, keadaan ekonomi global belum sepenuhnya pulih. Dalam masa ini, persepsi pelaku ekonomi sangat dipengaruhi oleh informasi yang diterimanya. Pembangunan persepsi tersebut dibangun sejalan dengan bagaimana penerima informasi mengolah informasi yang diperolahnya. Sementara persepsi tersebut selanjutnya akan berdampak pada kualitas pembuatan keputusan. Penelitian ini mengalisis kondisi persepsi bisnis dan konsumsi sebelum, saat dan paska krisis global pada rentang waktu tahun 2017 hingga 2019. Sebagai dasar analisis peneliti menggunakan data Indeks Tendensi Bisnis (ITB) dan Indeks Tendensi Konsumen (ITK). Metode yang digunakan adalah analisa statistik deskriptif. Hasil analisis menujukkan Indeks Tendensi Bisnis (ITB) dan Indeks Tendensi Konsumen (ITK) memiliki pola serupa. Pelaku ekonomi, baik itu dari sisi pelaku bisnis maupun konsumen, cenderung optimisme pada triwulan I ke triwulan ke II. Perbedaan antar kedua indeks ini adalah isu krisis global tahun 2018 tidak mempengaruhi ITK. Pada masa krisis, konsumen tetap optimis untuk berkonsumsi. publisher: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan date: 2020 type: Article type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://kudagang.kemendag.go.id/repo/id/eprint/113/1/Diarga%2C%20A.%20G.%20%282020%29.%20Analisis%20Persepsi%20Bisnis%20Terhadap%20Persepsi%20Konsumen%20Melalui%20Indeks%20Tendensi%20Bisnis%20%28ITB%29%20dan%20Indeks%20Tendensi%20Konsumen%20%28ITK%29%20di%20Indonesia.%20Cendekia%20Niaga%2C%204%282%29%2C%2070-84..pdf identifier: Diarga, Agung Gatra (2020) ANALISIS PERSEPSI BISNIS TERHADAP PERSEPSI KONSUMSI MELALUI INDEKS TENDENSI BISNIS (ITB) DAN INDEKS TENDENSI KONSUMEN (ITK) DI INDONESIA. Jurnal Cendikia Niaga (JCN), 4 (2). pp. 70-84. ISSN 2548-3145 relation: https://jurnal.kemendag.go.id/JCN