eprintid: 86 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 24 dir: disk0/00/00/00/86 datestamp: 2025-01-13 03:21:56 lastmod: 2025-01-13 03:21:56 status_changed: 2025-01-13 03:21:56 type: article metadata_visibility: show creators_name: Kamal, Mustofa corp_creators: Pusdiklatwas BPKP title: PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM MODEL DALAM PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI RISIKO PADA DIKLAT MANAJEMEN RISIKO ispublished: pub subjects: L1 abstract: Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menilai efektivitas flipped classroom model dalam pembelajaran identifikasi risiko. Mata diklat identifikasi risiko merupakan bagian dari Materi Pembelajaran pada Pelatihan Manajemen Risiko. Model dipilih dengan mempertimbangkan latar belakang peserta yang relatif kurang terbiasa dengan pendokumentasian risiko, dan selalu akrab dengan gadget. Metode penelitiannya menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Efektivitas pembelajaran dinilai oleh trainer secara kuantitatif melalui pre post test, dan secara kualitatif berupa pengamatan aktivitas di 2 siklus dari 64 peserta diklat, dari Kepolisian Republik Indonesia, di 2 kelas dalam waktu yang berbeda. Efektivitas pembelajaran juga dikonfirmasi kepada peserta diklat melalui survai online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman identifikasi risiko melalui peningkatan nilai rata-rata pre test ke post test yang signifikan di 2 siklus tersebut. Namun peningkatan nilai rata-rata di siklus yang kedua, 1,27, lebih besar dibandingkan dengan siklus yang pertama, 0,76. Sedangkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa peserta aktif dalam mengerjakan latihan dan diskusi atau tanya jawab. Di sisi lain, penilaian kualitatif dari 40,63% peserta secara online menunjukkan bahwa; 80,77% peserta menilai pelaksanaan pembelajaran telah berjalan sangat baik dan 19,23% peserta menilai baik. date: 2019-11 date_type: published publisher: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Perdagangan official_url: https://jurnal.kemendag.go.id/JCN full_text_status: public publication: Jurnal Cendikia Niaga (JCN) volume: 3 pagerange: 2-7 refereed: FALSE issn: 2548-3145 citation: Kamal, Mustofa (2019) PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM MODEL DALAM PEMBELAJARAN IDENTIFIKASI RISIKO PADA DIKLAT MANAJEMEN RISIKO. Jurnal Cendikia Niaga (JCN), 3. pp. 2-7. ISSN 2548-3145 document_url: http://kudagang.kemendag.go.id/repo/id/eprint/86/1/Kamal%2C%20M.%20%282019%29.%20Penerapan%20Flipped%20Classroom%20Model%20Dalam%20Pembelajaran%20Identifikasi%20Risiko%20Pada%20Diklat%20Manajemen%20Risiko.%20Cendekia%20Niaga%2C%203%282%29%2C%202-7..pdf